lanjutan dari setanpedia bagian 3, untuk kali ini saya mencoba membahas hantu-hantu dari luar negeri.

sebenarnya masih banyakhantu-hantu dari indonesia, namun sulit untuk dituliskan disini karena kekurangan bahan. nanti bila bahannya saya rasa cukup, maka saya akan menuliskan kembali.

1. Vampire China

hopping_vampire

chinesevampire

vampire Cina ini kerap disebut sebagai jiang-shi. Sebenarnya cerita tentang vampire ini merupakan semacam cerita legenda di masyarakat. Memang ada literatur sejarahnya namun cuma tercatat di dalam sejarah tidak resmi jadi cuma berupa catatan pengalaman dari seseorang. Perlu diketahui, catatan sejarah di Tiongkok dibagi atas 2 bagian besar, catatan resmi dari kamar sejarah kekaisaran dan catatan tidak resmi yang sumbernya dari masyarakat. Yang terakhir ini disebut “Wai-shi” atau “Ye-shi” yang artinya Catatan Tak Resmi.

Vampire dalam kebudayaan Tionghoa sebenarnya adalah sebutan untuk jenazah yang dikuburkan di tempat yang sangat kering, kurang lembab untuk memungkinkan organisme kecil membusukkan jenazah sehingga beberapa tahun berlalu, jenazah tadi tetap saja seperti sediakala. Jenazah seperti ini mengandung dan menyebarkan sejenis racun. Ini tidak heran karena mayat biasapun memang mengandung racun.

Karena ketakutan psikologis masyarakat zaman dulu terhadap kegelapan, kemudian ada cerita bahwa jenazah tadi dapat bangun dan mencari mangsanya berupa manusia hidup untuk dihirup darahnya dan dimakan dagingnya. Bila terkena racun jenazah tadi, korbannya juga akan menjadi vampire sejenis. Ini lumrah saja dalam kehidupan masyarakat zaman dulu dan ada di kebudayaan manapun tidak terkecuali. Pakaian vampire hitam-hitam yang seperti kita lihat di film-film HK adalah pakaian pejabat kekaisaran Dinasti Qing, jadi itu cuma semacam skenario film dan bukan pakaian seragam dari vampire Tiongkok.

Jadi, sampai di sini jelas sudah. Vampire melompat2 seperti yang digambarkan dalam film2 buatan Hong Kong itu tidak pernah ada dan hanya rekaan manusia saja.

Mengapa digambarkan melompat-lompat?

Ini untuk mencocokkan deskripsi bahwa vampire (jiang-shi) itu adalah mayat yang telah kaku dan kering sehingga tak dapat berjalan layaknya manusia. Penggambaran hantu yang berbentuk halus adalah dapat terbang dan melayang, namun karena vampire ini adalah berbentuk nyata, sehingga tentu saja tidak dapat melayang atau terbang ke sana kemari.

Di dalam literatur apa cerita mengenai vampire ini tercatat?

Mengenai literatur yang mencatat mengenai vampire ini, adalah dalam buku “Shu Yi Ji” yang merupakan buku sejarah tidak resmi tentang seluruh kejadian aneh di Tiongkok pada zaman pemerintahan Kaisar Shunzhi sampai Kaisar Kangxi di zaman Dinasti Qing. Dalam buku sejarah ini menyebutkan ada desa vampire di selatan propinsi Hunan sekarang pada awal Dinasti Qing.

2. Banshee

banshee

banshee2

Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka adalah bawahan Tuhan. Roh, atau nenek moyang. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan legenda, banshee akan berkeluyuran diluar rumah sambil meraung-raung jika seseorang didalam rumah itu akan meninggal.

oleh sebab itu di dalam penokohan di film-film banshee suka digambarkan dengan wanita yang suka berteriak keras kepada musuhnya.

bersambung